Feb 11

📝 Mengetuk Pintu Langit

Oleh: Dr.  Atabik Luthfi

🌈  Semua ayat yang berbicara tentang penciptaan alam semesta selalu diawali dengan ‘penciptaan langit….baru bumi…kemudian seluruh isinya. Seperti ayat:

(بَدِيعُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَإِذَا قَضَىٰ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ)
Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah!” Lalu jadilah ia.” (Surat Al-Baqarah 117) 

🌈  Betapa istimewanya langit selalu disebut diawal sebelum bumi dan lainnya.   

🌈  Langit adalah tempat tinggi, yg berdiam makhluk Allah yg mulia yaitu malaikat-malaikatNya.

🌈  Keberkahan atau anugerah langit adalah keberkahan sesungguhnya. Disitulah ketenangan, kekhusu’an, kebahagiaan dlm keta’atan…dan sebagainya

(وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ)
“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi,……(Al-A’raaf: 96)

🌈  Anugerah langit tdk ada batasnya dibanding anugerah Allah di bumiNya.

🌈  Namun karena kita hidup di bumi, maka Allah perintahkan juga utk mencari anugerah di bumi:

(فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ)             “Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”. (Al-Jumu’ah: 10) 

 🌈  Anugerah bumi lebih identik dengan materi, karenanya sering terjadi konflik antar manusia yang melulu hanya mencari anugerah bumi dan melupakan anugerah tertinggi yaitu anugerah langit.

🌈  Tentu tdk bertentangan antara anugerah Allah di bumi dan di langit.

🌈  Dalam berikhtiar, ketika sdh berusaha mengetuk pintu bumi, mengupayakan berbaik dgn makhluk bumi. Maka setelah itu hrs berusaha mengetuk pintu langitNya.

🌈  Mengetuk pintu langit agar Allah turunkan malaikat-malaikatNya untuk memberi bantuan dan pertolongan untuk hajat kita di bumi:

(إِذْ تَسْتَغِيثُونَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ أَنِّي مُمِدُّكُمْ بِأَلْفٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ مُرْدِفِينَ)
(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”. (Al-Anfaal: 9)

🌈  Ayo kita perkuat hubungan dgn yg di langit utk semua hajat dan kepentingan kita di bumi setelah usaha berbuat baik dengan yang di bumi…insya Allah pertolongan Allah semakin dekat dengan kita.  Aamiin

💫 💫 💫 💫 💫 💫 💫 💫 💫

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.