«

»

Aug 10

Ramadhan Ceria Kader Cilik PIP PKS Malaysia

Ramadhan adalah bulan tarbiyah untuk menggembleng dan meningkatkan kualitas ruhiyah, fikriyah dan jasadiyah. Momen yang sangat spesial ini seyogyanya tidak hanya dioptimalkan oleh setiap Muslim yang sudah berkategori mukallaf, melainkan juga perlu dimanfaatkan untuk melatih dan membiasakan anak-anak dengan berbagai aktivitas pendidikan dan pembinaan bernuansa spiritual.


Dengan perspektif seperti itulah, PIP PKS Malaysia menggelar program Ramadhan Ceria 1433 H pada Ahad, 5 Agustus 2012. Seakan tidak mau ketinggalan dengan kesibukan para abi dan umminya dalam beraktivitas di bulan Ramadhan, para kader cilik PIP PKS Malaysia ini mengikuti program Ramadhan Ceria dengan penuh semangat dan keceriaan.

Berlokasi di kompleks ADNI Training Center, Ampang, Kuala Lumpur, sebanyak 82 kader cilik yang terbagi ke dalam tiga kelompok usia tersebut tekun mengikuti seluruh rangkaian acara mulai dari pukul 10 pagi hingga waktu berbuka tiba. Lapar dan dahaga selama berpuasa rupanya tidak menghalangi mereka untuk bergembira dan berpartisipasi aktif di sepanjang kegiatan.

Para peserta program ini mendapatkan materi mentoring yang diramu khusus oleh para mentor dengan tajuk “Keutamaan Al Qur’an”. Mereka juga ditantang berkreasi dalam Project Creativity dimana masing-masing grup ditugaskan untuk membuat sebuah karya bersama sesuai dengan minat mereka sesuai dengan tema program ini, yaitu “Al-Qur’an di hatiku”. Selepas Ashar, para kader cilik ini beradu penguasaan pengetahuan agama dan Al-Qur’an dalam program Cerdas Cermat Fahmil Qur’an. Lomba Hafazan (Hifzul Qur’an) surah-surah pendek juga diselenggarakan sesuai dengan kelompok usia. Selain itu, khusus pada yang sudah mampu membaca Al-Qur’an, mereka dihimbau untuk melakukan tilawah Al-Quran masing-masing sebanyak 10 halaman.

Desy Surya Ningsih, selaku ketua panitia program Ramadhan Ceria 1433 H menyatakan bahwa kegiatan berlangsung dengan lancar dan sukses, bahkan dari sisi peserta terjadi peningkatan yang signifikan dibandingkan pelaksanaan acara serupa di tahun sebelumnya. Namun, ibu tiga anak ini mengakui bahwa panitia cukup kerepotan karena banyak peserta yang baru mendaftarkan diri pada hari pelaksanaan kegiatan. Akibatnya, banyak peserta yang tidak kebagian paket souvenir cantik yang sebelumnya telah disiapkan panitia. “Kami berharap pada kegiatan berikutnya, para ummahat (ibu-ibu) berkenan menyempatkan diri mendaftarkan anak-anaknya sesuai masa pendaftaran yang ditentukan agar panitia dapat mempersiapkan semua keperluan secara akurat”, pesan ibu yang berasal dari Banjarmasin ini.

Di akhir program, para juara untuk setiap kategori perlombaan diumumkan dan mereka pun dianugerahi trophy dan bingkisan. Selanjutnya, Program Ramadhan Ceria 1433 H ditutup dengan buka puasa bersama dan shalat Maghrib. (Sumber: Islamedia)

(MAB | PIP PKS-Malaysia | pks-malaysia.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *